Terungkap Rahasia 'Awan Donat' di Lubang HitamTerungkap Rahasia 'Awan Donat' di Lubang Hitam

Bookmark and Share


Headline
Astronom menemukan awan berbentuk ‘donat gemuk’ yang menutupi lubang hitam. Kini para ahli Inggris ini berhasil mengetahui asal usulnya. Ingin tahu?Menurut para ahli ini, awan debu berbentuk donat yang menutupi lubang hitam ini berasal dari sisa tabrakan berkecepatan tinggi antara planet dan asteroid. Sekitar setengah lubang hitam raksasa yang ada di bagian pusat kebanyakan galaksi seperti tersembunyi dari pandangan oleh awan debu misterius ini.

Terinspirasi tata surya, peneliti di University of Leicester memiliki teori asal muasal debu ini. Di tata surya terdapat debu zodiacal yang merupakan hasil tabrakan antar tubuh solid seperti asteroid dan komet.

Astronom Sergei Nayakshin dan rekan menyatakan, wilayah tengah galaksi tak hanya berisi lubang hitam dan bintang melainkan juga berisi planet dan asteroid yang bisa menjadi sumber awan debu kosmik ini.

“Kami menduga lubang hitam raksasa di Bima Sakti mengeluarkan sebagian besar gas yang nantinya akan menjadi bintang dan planet. Memahami asal usu debu di wilayah tengah galaksi akan mendekatkan kita pada pemecahan misteri lubang hitam raksasa,” tutupnya seperti diktuip DM.