Meningkatkan PageRank Google

Bookmark and Share


Salah satu penilaian Page Rank Google, selain backlinks, dilakukan berdasarkan seberapa seringnya dan seberapa lama suatu halaman web diperbarui (di-update). Aktifitas update halaman web bisa menunjukkan seberapa besar perhatian si pemilik web terhadap website atau content dari webnya.

Google Page RankUpdate halaman web yang dimaksud disini tidak selalu posting tulisan baru. Mengubah atau memperbaiki content yang sudah ada pun, termasuk dalam pengertian update halaman web yang dimaksud disini. Hal ini cukup masuk akal, karena upaya ini menunjukkan bahwa kita selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi para pengunjung dengan cara memastikan bahwa content yang lama pun masih tetap relevan dan akan terus bermanfaat bagi siapapun. Bagaimana bisa kita mengharapkan Google menghargai web milik kita, apabila kita sendiri tidak mempedulikannya? Masuk akal bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan perbaruan/ update content lama:


  1. Buat link ke tulisan yang lama: Logikanya, tulisan yang baru akan akan mendatangkan banyak pembaca. Dalam hal ini tulisan baru berfungsi seperti Search Engine yaitu akan mengantarkan si pembaca ke tulisan-tulisan yang lama,

  2. Buat link ke tulisan-tulisan yang ada hubungannya: Logikanya mirip dengan point 1,

  3. Karena fungsi link di point 1 dan 2 mirip Search Engine maka Perbarui juga tulisan-tulisan lama dengan menambahkan keywords yang lebih baik dan lebih banyak,

  4. Topik-topik aktual yang sebelumnya pernah ditulis, tetapi saat ini ada informasi-informasi baru yang perlu ditambahkan, sebaiknya ditulis sebagai tulisan yang baru dengan tetap merujuk kepada tulisan yang lama,


  5. Lakukan penulisan ulang dari tulisan lama, dengan gaya tulisan yang berbeda dan perspektif baru yang lebih segar,

  6. Buat variasi gaya penulisan seperti menulis tahapan melakukan sesuatu secara singkat tanpa bertele-tele. Pengunjung biasanya lebih menyukai penulisan yang singkat dan to the point,

  7. Perhatikan juga tata bahasa, dan penulisan kata yang benar,

  8. Apabila ada eksternal link dari tulisan, pastikan bahwa link tersebut masih aktif. Lakukan update apabila eksternal link tersebut ternyata sudah tidak aktif,

  9. Jika terdapat tulisan-tulisan yang saling berhubungan, buat sedemikian rupa sehingga tulisan-tulisan tersebut menjadi seperti tulisan berseri,

  10. Jika terdapat tulisan yang sudah sangat lama dan sudah tidak valid lagi, jangan dihapus. Beri catatan bahwa tulisan tersebut sudah expired, lalu beri link ke tulisan yang baru,

  11. Ubah judul tulisan menjadi lebih menarik
Jadi? jangan lakukan seperti kata pepatah, habis manis sepah dibuang. Berikan sedikit perhatian pada tulisan-tulisan lama, karena justru yang lama itu akan menjadi lebih menarik dan lebih disukai Google.

Info Tambahan Meningkatkan PageRank Google

Penting gak sih Google Page Rank untuk blog atau situs anda? Jawabannya pasti gak sama, tapi saya yakin 200% sebagian besar akan menjawab: penting bahkan sangat. Apalagi bila anda ikut salah satu bisnis internet yaitu paid to review…. Mempunyai blog dengan PR tinggi pastilah menyegarkan? Atau mungkin PR anda hanya untuk pajangan biar tampak keren..So what gitu loh… Ok, ndak usah terlau panjang mbahas penting atau tidak.. kembali ke taupik .…


Bagaimana sih caranya agar Page Rank blog naik, atau paling tidak pecah telor. Ingat lho..gosipnya nih, google mau update lagi pada akhir bulan Maret 2009 (baru kabar-kabari lho ya) dan semoga blog bisnis ini naik pangkat dan tentu blog anda juga kan?

Di bawah ini beberapa faktor yang biasanya menjadi faktor penentu kenaikan atau penurunan PR pada situs atau blog:

1. Perbandingan inbound link dan outbound link. Anda tentu masih ingat tentang Paid to Review VS Google Page Rank. kenapa google menurunkan blog yang sering main paid review. Maka agar cepat naik sebaiknya anda hindari PTR. Gimana klo gak tahan godaan dollar? Silahkan… lanjut mang, tapi perbanyaklah backlink dan semoga tidak kena gusur dari google.

Intinya: bahwa kalau anda ingin agar PR blog anda naik, maka jumlah inbound link anda harus lebih banyak dari outbound link. Karena apabila inbound link anda lebih besar maka google menganggap bahwa blog anda adalah blog yang penting. Begitu sebaliknya, teruskan sendiri ya….
Untuk itu silahkan di cek di http://www.backlinkwatch.com/ untuk mengetahui berapa banyak inbound link blog anda, anchor text yang digunakan dll.

2. Usahakan anda mendapatkan backlink dari situs yang ber PR lebih tinggi. Nah itu dia yang akan mengatrol PR blog anda.

Ditambah lagi backlink juga dari blog yang ber PR sama atau lebih rendah, tapi yang banyak ya….

3. Inbound link dari web yang setema

4. Update artikel secara kontinyu??? Pengaruh gak ya? Ya dong, di samping itu apabila anda sering update apalagi artikel anda bermutu, otomatis anda akan menambah jumlah inbound link dari rekan2 lain yang memberi backlink gratis kepada blog anda.

5. Umur blog?? Gak juga sih tapi Google sangat suka dengan situs yang umurnya udah lama karena menunjukkan stabilitas. Tapi banyak blog yang baru bisa langsung naik ke PR 3 lho, jadi walaupun blog baru tetap optimis.

6. Jangan ada broken link ya…

7. Banyak terdaftar di situs direktori dan social bookmarking.

Faktor penyebab Page Rank turun:

1. Inbound link dari situs yang gak disukai google misal dari situs porno, berbau sex, narkoba, judi dll. Makanya kalau anda main PTR, hindari job yang berbau gambling, bisa diband adsense anda.

2. Penyebaran link yang gak wajar atau spam.

3. Berisi artikel yang dibenci oleh google, seperti: porno, sex, gambling sama dengan poin 1.

4. Banyak broken link.

5. Outbound link lebih banyak jika dibandingkan dengan inbound-nya (udah saya jelaskan)

6. apa lagi ya

Apakah cara untuk menaikkan Google Page Rank sama dengan SERPs?
Jawabannya sama tapi tidak sama. Lho kok bisa? Sama-sama mengandalkan backlink, tapi SERPs menekankan pada keywords dan natural backlink (deep linking) dan variasinya sedangkan Google Page Rank tidak.

Faktor-faktor meningkatkan Google PageRank

Sekarang Google PageRank Algoritma sangat kompleks. Berikut adalah daftar hal-hal yang dapat membantu kita meningkatkan Google PageRank, dengan skala penilaian di sebelahnya.

* Update Pages Frequently 2/10
* Add Pages Frequently 4/10
* Good Neighborhood Directories with high PageRank Levels 7/10
* Monster Websites 7/10
* Quality Inbound links 8/10
* Quality Relevant Links 9/10
* No Broken Links 5/10
* Article Submissions (this can increase your PageRank by getting more inbound links)
* All these put together 10/10

Faktor-faktor yang dapat menurunkan Google PageRank:

* Inbound link yang Buruk seperti Poker, Porno, Sex, Narkoba, dll
* Link spamming
* Konten Buruk
* Banyak link rusak
* SEO Black Hat Techniques

Berapa banyak link yang anda perlukan untuk mendapatkan PageRank tertentu? Meskipun tidak tahu ukurannya secara pasti nilai Google PageRank,

Berikut Sedikit Tips Menaikkan Pagerank Google Perhalaman Blog..!

1.Buatlah Judul Posting/ Artikel Blog Memiliki Sedikitnya Satu Keyword/ Kata Kunci.
Karena ini merupakan patokan awal search engine untuk mengetahui topic apa yang akan dibahas nanti dalam artikel itu. Kalau tidak ada kata kunci nanti si robots begok bingung.. “nieh orang mabok apa ya?? Isi sama judul koq beda??” Hue..

2.Isi Artikel Blog Relevan Dan Berhubungan Dengan Judul Posting.

3.Usahakan isi Posting Blog Memuat Minimal 3 Kata Kunci Yang Ada Dijudul Artikel.
Nah ini pengalaman pribadi, karena ketika setelah saya mengecek salah satu dari beberapa halaman blog saya yang tidak memiliki pagerank alias berstatus N/A, rata-rata semua artikelnya tidak memuat atau hanya berisi 1 kata kunci saja, Sedangkan beberapa halaman yang mempunyai pagerank rata2 isi artikel tersebut memiliki sedikitnya 2 kata kunci yg sama pada title/ judul posting. Jadi intinya usahakan isi postingan anda disertai keywords yang sama dengan judul title post..! Btw, Mungkin Robots menyangka bahwa artikel itu gak relevan, maklum mesin.. sama saja kaya kalkulator (1+1=2).

4.Pastikan Isi Artikel Mengandung 250 Kata Atau Lebih.
Karena menurut pedapat kebanyakan pakar webmaster katanya search engine lebih menyukai postingan yang mengandung lebih atau paling sedikit 250 kata.

5.Keseimbangan Antara Outbound Vs Inbound Link.
Jika memberikan outbound link/ external links atau bahasa Indonesianya link yang mengarah keluar pada postingan kamu. Hendaknya diimbangi dengan Inbound link/ link yang masuk. Jangan sampe robots berfikir “nich artikel blog isinya link keluar semua, baek amat neich orang bagi-bagi link gratis keorang lain.. punya kamu mana? “ huee..

Cara Curang Meningkatkan PageRank Google

Pada awal-awal kelahirannya PageRank (PR) merupakan salah satu indikator sukses tidaknya suatu website, website-website yang memiliki PageRank yang tinggi maka mempunyai nilai lebih di mata Google, pr juga bisa dikatakan sebuah rapor 3 bulanan sebuah website yang menilai prestasi sebuah website, namun saat ini pr perlahan-lahan sudah tidak begitu diminati lagi dan dijadikan sebuah indikator, karena suatu website yang memiliki pr yang besar belum tentu memiliki jumlah pengunjung yang besar per harinya, seperti misalnya blog saya ini memiliki pr ? dan blog Cosa Aranda juga memiliki pr yang sama padahal dari segi kunjungan, blog saya ini hanya 100an orang perhari dan Cosa Aranda memiliki 1000an orang per hari selain itu alasan seperti dihukumnya situs-situs yang ikutan dalam program Text Link Ads (TLA) dan Paid to Review (PTR) merupakan faktor pendukung pr terkadang kurang disukai dan orang lebih suka berpatokan pada Alexa Traffic Rank maupun tracker websitenya.

Perhitungan PageRank didasarkan atas algoritma Google yang cukup rumit, namun intinya terletak pada banyaknya link webiste, baik link yang masuk dan link yang keluar website, semakin banyak link yang masuk ke sebuah halaman website maka kemungkinan besar halaman tersebut akan memiliki pr yang sesuai dengan jumlah link.

Dengan melihat hal di atas pr bisa dengan cukup mudah diakali, yaitu dengan memperbanyak link yang masuk ke dalam blog kita, caranya cukup beragam namun yang paling ampuh adalah melalui fasilitas komentar (comment) yang ada di blog orang lain yang mengaktifkan follow pada blognya, karena dengan aktifnya follow pada blog tersebut, maka link yang berada di sana akan ikut terindex oleh Google.

Untuk mengetahui blog tersebut follow atau no follow, bisa dilihat melalui source codenya seperti misanya blog ini telah disisipkan <meta name=“robots” content=“index, follow” /> sehingga follow, atau bisa juga anda melihatnya dengan melakukan klik kanan di blog - View Page Info pada browser Mozilla Firefox dan bisa juga anda menggunakan Add-ons milik Mozilla bernama Search Status dengan mengaktifkan Highlight Nofollow Links untuk melihat otomatis no follow links.

All Source