Meningkatkan PageRank Google Bagian 2

Bookmark and Share


Semua Pasti ingin Blog-nya dikasih PR oleh Google.. iya kaan?? dari pengalaman yang sudah-sudah saya juga sudah membuktikan dengan tips saya berikut ini... mampu merubah Blog saya dari PR 0 menjadi PR 2 dalam waktu 1 bulan... hanya dengan blog gratisan blogspot dan blog tersebut lagi saya khusus kan sebagai blog adsense, jadi maaf saya sensor jadi tidak saya tunjukan dalam link.... ok langsung saja ikuti langkah demi langkah berikut ini....

1. langkah pertama tentunya sudah memiliki blog di blogspot, atau bisa juga membeli domain berbayar... tapi blogspot juga tidak kalah bagus kok dengan domain berbayar seperti [dot]com...

2. posting artikel bikinan sendiri... jangan kopas, nah kalo pengen kopas ya di edit-edit dulu atau ditambahi kata-kata yang penting intinya sama....karena kalau kopas banget alias sama persis percuma saja bro.... om gugel gak bakal ngindex artikel kita... karena terjadi duplikat kontent... dah mengerti kan??? oiya, sebaiknya judul jangan sama persis.. usahakan beda tapi intinya sama..!!

3. nah yang paling penting disini adalah membuat suatu internal link di blog kita...perbanyak internal link... kalau yang belum tahu apa itu internal link sebagai gambaran adalah jadi artikel kita kasih link menuju artikel yang lain... jadi masih dalam satu blog gitu...jadi saling berkaitan dengan link.... misal kamu posting artikel, nah kamu cantumkan link artikel kamu posting sebelumnya.... mudeng kaan??? nah menurutku hal yang paling penting disini kawan...!!! jadi ingat kata-kata ku... "PERBANYAK INTERNAL LINK" ok siip..!!!

4. kalau ingin blog temen-temen 1 bulan dapet PR 2, disini saya memberi tanda kutip "blog untuk bisnis" nah kenapa blog untuk bisnis?? jadi begini temen-temen, untuk poin 4 ini mungkin agak sedikit membingungkan, saya juga bingung mau menjelaskannya bagaimana... hehehehe
nah jika temen-temen ingin mengejar PR hanya untuk tujuan berbisnis, alangkah baiknya posting blog kamu sebanyak mungkin... minimal tiap hari 10 artikel..!!! waah banyak banget itu bos??? ya emang banyak.... namanya juga ingin mengejar PR dengan cara cepat.. ya harus kerja keras doonk..!! dan lakukan sama halnya di poin nomor 3 diatas.... pokoknya perbanyak internal link sebanyak-banyaknya....

5. nah yang kelima ini sunah bro.... jadi mau dilakukan monggo.. gak dilakukan juga gak papa.... biasa.. exchange link.. alias tukeran link...!! itu pasti semua bisa kalian lakukan... tapi alangkah baiknya jika temen-temen punya blog lebih dari 1, nah itu bisa kita lakukan link satu arah bila kamu males buat tukeran link... oiya, gak usah terlalu banyak tukeran link bro.... ya maksimal 20 udah bagus kok.... atau 10.... kalau lebih bagus lagi tukeran link yang isi kontent blognya sama....

6. berikutnya submit direktory, nah untuk memperkuat eksternal link, sebaiknya melakukan submir direktory, cukup satu hari satu kali saja, jangan terlalu sering, karena bisa berbahaya... kamu bisa lewat submit di digg.com, dll...kalau tiap hari anda posting sebanyak 10 posting/perhari, anda cukup submit satu artikel saja.. ok.!!

7. nah yang terakhir ini adalah ringkasan dari point-point diatas... yaitu sebagai berikut:

- posting dengan artikel asli (bukan kopi paste)
- lakukan internal link (perbanyak internal link)
- kalau blog untuk bisnis, lakukan posting 10 artikel/hari (kalau bisa dengan kontent inggris dan bukan kopi paste)
- exchange link/tukeran link sesama blog.
- Submit Direktory.


Tips Jitu Meningkatkan PageRank Google

Membangun backlinks untuk situs kadang-kadang membosankan dan mungkin kelihatan seperti buang-buang energi. Namun, proses membangun link adalah salah satu kegiatan penting yang akan menguntungkan blog (bisnis) Anda. Percayalah, backlinks akan meningkatkan popularitas situs Anda yang pada gilirannya akan meningkatkan Google Page Rank, jika kita dapat menerapkan tips yang jitu.

Backlinks adalah salah satu komponen penting untuk meningkatkan Page Rank. Anda tidak bisa meningkatkan Google Page Rank tanpa mendapatkan backlinks ke situs Anda. Kebanyakan orang (termasuk saya dulunya) membuat kesalahan dengan membabi buta membangun link – berharap hal itu akan membantu peningkatan page rank. Ternyata tidak semua link itu adalah link yang baik.

Berikut adalah 5 tips yang sangat penting Anda dan harus tetap ada pada saat membangun link ke situs Anda :

1. Fokus pada link yang relevan
Google’s Boot itu pintar banget lho… Faktor utama backlink adalah Relevansi. Fokus lah untuk mendapatkan backlink dari situs relevan yang memiliki topik sama dengan Anda. Backlinks dari situs relevan, yang saya sebut sebagai Niche-Links memiliki Nilai yang lebih tinggi dibandingkan backlinks dari situs-situs yang tidak terkait.

2. Hindari nofollow link
Banyak situs yang memilih untuk “nofollow” tag, yang awalnya untuk mencegah spammer. Nofollow berarti bahwa link tidak akan dinilai sebagai backlink, jadi ketika Anda mendapatkan link dari situs nofollow mereka akan menjadi tidak berharga dari sudut pandang SEO.

3. Gunakan anchor text
Anchor text sangat penting dalam membangun kualitas backlinks. Anchor text adalah teks yang berisi link dan Google memberikan nilai lebih untuk sebuah link dengan anchor text. Menggunakan keyword sebagai Anchor text backlinks merupakan cara yang sangat bagus untuk mendapatkan niche-link di dalam membangun backlinks di situs Anda.

4. Dapatkan link dari situs Page Rank tinggi
Mendapatkan link dari situs ber-page rank tinggi membawa nilai lebih dibandingkan link dari situs yang ber-page rank rendah. Nilai page rank juga ditentukan dari link yang keluar dari situs Anda. Jika Anda bisa mendapatkan backlinks dari situs-situs dengan Page rank tinggi yang “dofollow”, otomatis page rank situs Anda akan meningkat.

5. Fokus untuk mendapatkan backlink permanen
Menurut saya situs yang mengalami penurunan page rank adalah “kecelakaan” terburuk karena harus kehilangan backlink. Jika Anda membeli links dari links service, Anda berisiko kehilangan link ketika Anda tidak membayar biaya bulanannya. Otomatis ini dapat membuat page rank Anda mengalami penurunan.

Jangan dibutakan oleh bar kecil berwarna hijau yang menunjukkan page rank Anda. Hal ini sangat tidak akurat dan sering dapat menipu – terutama untuk situs yang memiliki page rank rendah, cobalah untuk selalu melacak backlink situs Anda. Fokuslah untuk membangun backlinks yang berkualitas yang lebih, pada akhirnya kualitas setiap link-lah yang akan menentukan dan jika Anda konsisten, Anda akan meningkatkan Google Page Rank, mendapatkan lebih banyak trafik ke situs Anda dan menghasilkan lebih banyak uang.

12 tips yang dikutip dari berbagai sumber untuk meningkatkan pagerank blog.


  1. Pastikan Anda menyertakan minimal satu link ke Google.

  1. Gunakanlah banyak meta keywords tag. Menggunakannya dengan koma. Pastikan Anda tidak mengulang kata yang sama lebih dari 3 kali berturut-turut dalam satu baris. Google hanya mengindeks 101K dokumen awal, jadi jangan terlalu banyak.

  1. Tulislah banyak titik, titik, dan titik. Lalu tempatkan di bagian bawah dokumen seperti ini, ………….
Kemudian buatlah link dari setiap titik-titik tersebut ke halaman-halaman blog Anda. Pastikan terdapat satu link ke Google. Jangan link ke situs lain (selain blog milik Anda sendiri).

4. Tips yang keempat ini mungkin adalah salah satu tip yang paling ampuh. Buatlah setidaknya tiga page/halaman/posting di situs Anda dan buatlah skema link sebagai berikut :
® Page 1 melink ke Page 2
® Page 2 melink ke Page 3, dan ini adalah tendangan baliknya :
® Page 3 melink kembali ke Page 1

Google akan memberikan poin ke halaman 2 dari halaman 1, kemudian poin halaman 3 dari halaman 2, dan kemudian jika Anda link kembali ke halaman 1 maka Google akan kembali mengulangnya dari awal. Cara ini juga sering disebut dengan interlinking (Internal Link Building) atau saling menghubungkan antara satu halaman/posting ke halaman lainnya.

5. Gunakanlah tag H1 diseluruh halaman blog anda kecuali pada judul dan informasi di bagian header. Gunakan pengaturan CSS agar bentuk tulisan H1 tidak terlalu besar. Ingatlah bahwa Google sangat memperhatikan tulisan yang berada dalam tag h1.

6. Update konten lebih cepat dan lebih banyak.

7. Link balik pada blog yang juga telah melink ke halaman blog Anda.

8. Hati-hati dalam menuliskan konten yang berisi kata-kata yang bisa mengakibatkan Google berprasangka bahwa situs Anda adalah situs terlarang seperti, situs PORNO, JUDI, dan sebagainya.

9. Update konten blog Anda setiap hari dengan artikel yang berbeda dan unik. Bila pengunjung mendapat informasi yang berharga dari blog Anda, maka kemungkinan 100% ia akan kembali mengunjungi blog Anda.

10. Sediakan link-link yang mengarah ke berbagai halaman/artikel lain dalam blog Anda, seperti artikel yang terkait. Hal ini akan membuat pengunjung semakin lama berada dalam blog Anda.

11. Buat sitemap untuk website Anda (berbasis XML untuk Google dan berbasis teks untuk Yahoo) kemudian submit sitemap ke Google dan Yahoo. Buatlah account Google Webmaster dan masuk ke sana untuk melihat statistik website Anda. Hal ini akan memberitahu Anda apakah situs Anda diindeks atau tidak.

12. Dan tips yang paling penting adalah bertukaran link blog Anda dengan pemilik blog lainnya. Cara ini sangat cepat cara untuk meningkatkan visibilitas Anda dalam mesin pencari.