Rothoffska Kolonin, Bangunan Cagar Budaya yang Tetap Lestari di Landskrona Sejak 1903

Bookmark and Share


13228608111616800235

Rothoffska koloni, rumah koloni tertua di Swedia. Foto: Landskrona museum



Lain ladang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya. Itulah peribahasa paling tepat tentang cara pandang sebuah negara mengenai segala hal termasuk kekayaan budaya terutama bangunan tua yang dijadikan sebagai cagar budaya yang layak dilindungi dan menjadi sebuah karya yang tak terhingga nilainya terutama nilai history (sejarah). Seperti halnya lain cara pandang Indonesia tentu lain pula cara pandang Swedia. Kebanyakan orang Indonesia suka segala hal yang berbau modern atau minimalis, sementara orang Swedia justru lebih menyukai segala hal yang unik, klasik dan kuno.



Di Swedia, khususnya kota Landskrona terdapat sebuah rumah koloni yang dijadikan museum sejarah awal terbentuknya berbagai kelompok rumah koloni yang menjamur saat ini. Di beberapa tempat di sekitar kota terdapat plot-plot rumah koloni yang terawat dengan baik bahkan mempunyai nilai investasi yang sangat tinggi.



Sejarah rumah koloni.



Rothoffska koloni merupakan nama sebuah rumah mungil yang dibangun sejak tahun 1903, salah satu bangunan tertua diantara bangunan rumah koloni yang lainnya di sekitar Benteng Citadelet. Awalnya merupakan rumah tinggal, milik keluarga Anton dan istrinya yang bernama Rothoff Hilma. Mereka mencari sebuah tempat dimana bisa menanam kentang dan lainnya. Pada mulanya hanya memiliki satu ruangan sekitar 2 x 2,5 meter. Sedikit demi sedikit rumah ini direnovasi hingga mempunyai teras, dapur, ruang bawah tanah dan ruang lainnya seperti yang tampak pada saat ini. Anton dan Hilma memiliki 5 putra dan selama musim panas mereka banyak menghabiskan waktu di rumah koloni.


Raymond, seorang anak dari mereka ingat bahwa mereka dulu sering mengadakan pertemuan keluarga dan menghabiskan waktu untuk minum kopi bersama di rumah koloni. Pada tahun 1940, putranya Sture Ragnar dan Nils mengambil alih rumah koloni. Mereka menanam berbagai macam sayuran, taman bunga yang ditanami mawar dan tanaman keras lainnya. Bahkan saat itu ada sekitar 212 macam tanaman ditanam di kebun rumah koloni.


Pada tahun 1993, pihak Landskrona museum membeli Rothoffska koloni. Dan karena rumah koloni di Landskrona paling banyak maka dari itu kota Landskrona dijadikan tempat untuk museum koloni yang pertama kali. Pada awalnya terdapat banyak bangunan makam di luar rumah koloni, namun sekarang sangat jarang. Pekarangan dijadikan sebagi budidaya sayuran, halaman rumput dimana bisa bermain atau piknik bersama keluarga seperti suasana pedesaan.


Saat ini, Rothoffska koloni menjadi tempat yang tenang untuk bisa duduk dan menikmati taman, melihat keunikan rumah dan budidaya berbagai macam sayuran terutama sayur organik. Kadang kala dilakukan kegiatan sekolah dengan kegiatan manggambar di sekitar rumah koloni atau mengecat rumah koloni. Ada sekitar 120-220 rumah koloni yang tumbuh di sekitarnya.



13228611101835418248

Salah satu rumah koloni. Dok: pribadi




13228611702020195222

Rumah koloni sederhana. Dok:pribadi

Rumah koloni saat ini.
Awal datang, saya sempat terheran-heran ketika melewati bangunan rumah mungil yang berkelompok, dengan pekarangan yang teramat luas. Terkadang ada ayunan, meja teras yang tertata, tempat berenang dari plastik yang cukup besar dan lainnya. Tinggi rumah sedikit lebih tinggi dari tinggi orang dewasa pada umumnya. Saya pikir itu rumah orang mini/kerdil, para orangtua (orang jompo) atau rumah pensiunan atau apalah namanya. Rumahnya rata-rata mungil namun memiliki pekarangan yang sangat luas. Di musim semi apalagi musim panas tampak semakin indah pekarangannya dipenuhi oleh tanaman bunga yang mekar.

Hingga di suatu akhir pekan di musim panas, kami sengaja berkeliling dengan sepeda di sekitar rumah itu. Di hari minggu, komplek rumah koloni sangat ramai dan banyak mobil di parkir disana. Ternyata rumah koloni adalah rumah orang normal/biasa pada umumnya. Merupakan sebuah ‘villa mini’ bagi mereka yang berduit untuk singgah dan menghabiskan liburan musim panas bersama keluarga.



13228612311793541139

Ciri khas: rumah kecil dengan pekarangan yang sangat luas. Dok:pribadi



1322861325193091202

Dimanfaatkan untuk budidaya sayuran dan bunga. Dok:pribadi


Luas rumah koloni berbagai macam, dengan beraneka model bangunan yang tetap terkesan kuno dan unik. Ada yang sudah modern atau masih kuno sekali. Semua terawat dengan baik. Bahkan menjadi sebuah investasi bagi mereka yang berpunya. Harganya lumayan tinggi, mengingat harga tanah sangat tinggi disini apalagi dengan bangunan unik dan tanah yang luas. Cerita seorang teman harga tanah 100 m paling murah sekitar 200.000 kr (1kr= Rp.1300), belum termasuk bangunan rumah singgahnya. Bagi mereka mungkin termasuk murah dibanding harga apartemen atau bangunan rumah normal.Rumah koloni sampai saat ini masih menjadi salah satu daya tarik wisata di kota Landskrona. Banyak wisatawan sengaja mendatangi rumah koloni khususnya Rothoffska koloni untuk melihat dari dekat asal muasal tumbuhnya komplek rumah koloni di kota Landskrona yang tetap dilestarikan hingga sampai saat ini.

Sweden, 6 Desember 2011

Awal winter dengan udara dingin yang menusuk tulang

sejarah rumah koloni terjemahan bebas dari brosur Landskrona museum dan pengalaman pribadi

Irma R. Priyadi