Ilmuwan Ungkap Manusia Modern Pertama di Eropa

Bookmark and Share


Headline
Dengan meninjau kembali fosil yang sudah ditemukan sebelumnya, para ilmuwan akhirnya mampu mengungkap manusia modern pertama di benua Eropa.

Seperti yang dikutip dari ST, berdasarkan pada perangkat batu dan artefak lainnya, para ilmuwan sebelumnya menduga bahwa populasi awal Homo Sapiens atau manusia modern, menetap di benua Eropa antara tanggal 42 ribu dan 44 ribu tahun yang lalu.

Namun saat itu, belum ada bukti fosil yang mendukung teori tersebut. Bukti mengenai manusia modern paling awal di Eropa adalah fosil berusia 40 ribu tahun.

Akhirnya dua hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature baru-baru ini mampu mengisi kekosongan tersebut. Dua buah tim ilmuwan melihat kembali fosil Homo Sapiens purba yang ditemukan di Italia dan Inggris, dan menjelaskan bahwa fosil-fosil tersebut berasal dari waktu yang lebih tua.

"Penelitian ini mampu menjelaskan lebih rinci mengenai waktu hidup sebenarnya dari mereka, ketika pertama kali menempati benua Eropa," ujar Shara Bailey, antropolog dari New York University, berpendapat mengenai penelitian tersebut.