Bangunan Tungku Matahari Terbesar di Dunia

Bookmark and Share


Tungku matahari di Odeillo wilayah Pyrenees Orientales di Perancis bisa mencapai suhu sampai 3.500 C (6330 F) untuk menara pembangkit listrik tenaga surya.


Sebuah tungku matahari adalah struktur yang menangkap sinar matahari untuk menghasilkan suhu tinggi, biasanya untuk industri. Hal ini dilakukan dengan cermin melengkung (atau array cermin) yang bertindak sebagai reflektor parabola, berkonsentrasi cahaya (Insolation) ke titik fokus. Suhu pada titik fokus dapat mencapai 3.500 C (6330 F), dan panas ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, meleleh baja, membuat bahan bakar hidrogen atau Nanomaterials.



Tungku surya istilah juga telah berkembang untuk merujuk pada sistem pemanas solar concentrator menggunakan cermin parabolik atau heliostats mana 538 C (1000 F) sekarang umumnya tercapai. Tungku matahari terbesar di Odeillo di-Pyrenees Orientales di Perancis, dibuka pada 1970. Ini menggunakan sebuah array cermin pesawat untuk mengumpulkan sinar matahari, mencerminkan itu ke cermin melengkung yang lebih besar. Sinar ini kemudian difokuskan ke daerah ukuran panci masak dan bisa mencapai 3.500 C (6330 F), tergantung pada proses terinstal.

Quote:








Sejarah Tungku Matahari



Yunani kuno / heliocaminus istilah Latin harfiah berarti "tungku matahari" dan mengacu pada ruang berjemur kaca tertutup sengaja dirancang untuk menjadi lebih panas dari suhu udara luar.



Selama Perang Punic kedua (218-202 SM), ilmuwan Yunani Archimedes dikatakan telah ditolak Roma menyerang kapal dengan menetapkan mereka di atas api dengan "kaca pembakaran" yang mungkin telah array cermin. Percobaan untuk menguji teori ini dilakukan oleh sebuah kelompok di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 2005. Hal ini menyimpulkan bahwa meskipun teori itu suara untuk benda diam, cermin tidak akan mungkin mampu berkonsentrasi energi surya yang cukup untuk menetapkan kapal terbakar dalam kondisi pertempuran.




Tungku matahari modern pertama diyakini telah dibangun di Perancis pada tahun 1949 oleh Profesor Felix Trombe. Sekarang masih di tempat di Mont Louis, dekat Odeillo. Pyrenees dipilih sebagai tempat karena untuk membersihkan langit sampai dengan 300 hari setahun.





Quote:








Kegunaan Tungku Matahari



Prinsip tungku matahari sedang digunakan untuk membuat kompor surya murah dan barbecue bertenaga surya, dan untuk pasteurisasi air surya. Sebuah prototipe Scheffler reflektor sedang dibangun di India untuk digunakan dalam krematorium surya. Reflektor ini 50 m2 akan menghasilkan suhu 700 C (1292 F) dan menggantikan 200-300 kg kayu bakar yang digunakan per kremasi.



Ia telah mengemukakan bahwa tungku surya dapat digunakan di ruang angkasa untuk menyediakan energi untuk keperluan manufaktur.



Ketergantungan mereka pada cuaca cerah merupakan faktor pembatas sebagai sumber energi terbarukan di Bumi tetapi dapat dikaitkan dengan sistem penyimpanan energi panas untuk produksi energi melalui periode ini dan malam.



Tungku matahari di Odeillo di-Pyrenees Orientales di Perancis bisa mencapai suhu sampai 3.500 C (6330 F)





Quote:








Cara Kerja Tungku Matahari







Spoiler for PIC:










Spoiler for PIC:












Quote:





Bangunan Tungku Matahari





Spoiler for PIC:









Spoiler for PIC:










Spoiler for PIC:










Spoiler for PIC:










Spoiler for PIC:









Spoiler for PIC:










Spoiler for PIC: